Semua ada Ilmunya

Layanan Google Now Akan Lebih Canggih dari SIRI?

Tren perkembangan teknologi menjelang akhir tahun 2013 ini, sudah semakin tak terkendali. Beberapa perusahaan ternama seperti Microsoft, Yahoo, Samsung, Google, dan Apple mulai berlomba-lomba menghadirkan layanan terbaru yang mengusung teknologi canggih dengan memanfaatkan suara sebagai pengaturnya.


Google-Now

Akan tetapi, Google sebagai perusahaan raksasa mesin pencari dan pemilik sistem operasi mobile ternama, Android, menyatakan kesiapannya untuk bersaing dengan Apple. Seperti diketahui sebelumnya, layanan suara milik Apple, SIRI, memang cukup terkenal dikalangan para pecinta smartphone khususnya para pengguna iPhone.

Menurut berita yang kami sadur dari Telegraph, persaingan kedua perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat dalam menghadirkan layanan asisten suara, memang sudah diprediksi oleh beberapa analis. Google dan Apple telah menginvetasikan dana hingga ratusan juta dolar untuk mengembangkan layanan suara pada Google Now dan SIRI, untuk digunakan pada masing-masing sistem operasi mobile, Android dan iOS.

Saat ini, kedua perusahaan tersebut juga sama-sama memiliki tim insinyur yang hebat yang bekerja untuk memecahkan masalah yang rumit dalam menghadirkan layanan suara yang memiliki kemampuan lebih untuk memahami pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan kalimat yang lebih alami atau mudah untuk dipahami.

Scott Huffman, selaku Google Engineering Director yang memimpin pengembangan layanan suara Google Now, menyatakan, “Google memiliki langkah awal yang lebih baik untuk berkompetisi dengan para pesaingnya, yaitu teknologi canggih yang sedang dikembangkan untuk Google Now, akan memiliki sistem pemahaman lebih baik, serta makna susunan kalimat bahasa yang lebih teratur sebagaimana sering digunakan di dunia nyata“.

Langkah yang diambil oleh Google dalam mengembangkan layanan Google Now, memang dinilai cukup tepat karena aplikasi tersebut dapat digunakan pada beberapa sistem operasi mobile termasuk iOS. Apple selaku pemilik dan pengembang SIRI juga tampaknya memang harus mencemaskan rencana Google tersebut. Pasalnya, saat ini tercatat bahwa para pengguna perangkat Apple berbasis iOS, hanya 15% yang menggunakan layanan SIRI. Catatan tersebut diperoleh hingga menjelang akhir tahun 2013 ini.

via "jagatreview"

0 comment:

Posting Komentar